Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) yang masuk ke Indonesia sejak Maret 2020 mengubah hidup dan gaya hidup manusia. Dengan diterapkannya social distancing dalam beberapa aspek kehidupan membatasi aktivitas kita, termasuk dalam pendidikan. Covid-19 yang mulai berdampak pada sektor pendidikan pada  pertengahan tahun ajaran 2019/2020 memaksa hampir seluruh lembaga pendidikan, utamanya lembaga pendidikan tinggi/universitas, untuk mengubah metode pengajaran menjadi emergency remote teaching yang mengandalkan teknologi serta jaringan internet. Hal ini menjadi salah satu hal yang perlu dan patut untuk dikuasai oleh pengajar atau dosen yang bersangkutan.

Untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan secara daring, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi mengadakan webinar dan workshop yang diselenggarakan selama dua hari yaitu pada tanggal 05 – 06 Agustus 2020 dengan mengundang tiga orang pembicara yaitu Dr. Firnita Dewi (Universitas Pendidikan Indonesia), Nanak Hikmatullah, M.Sc. (Edgar Brood Academic Chair), dan Metty Agustine Primary, M.Pd. (Universitas Siliwangi). Kegiatan ini dibuka langsung secara resmi oleh dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Siliwangi Dr. Cucu Hidayat, M.Pd.

Penyampaian materi webinar oleh Dr. Finita Dewi dengan judul Online Language Learning: From Planning to Assessing Learners

Webinar dan workshop ini diberi tema Current State and Future Directions of Technology-Based Language Lesson Plans, Teaching Materials and Assessment: Theories, Practices and Innovations” yang dihadiri oleh 20 orang dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan dosen-dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris tentang Learning Management System yang digunakan sebagai platform untuk pembelajaran daring, mempersiapkan dosen dalam menghadapi kebijakan pembelajaran daring tahun ajaran 2020/2021, meyediakan pengalaman mengajar yang terbuka, menyenangkan dan interaktif bagi dosen dengan memberikan aktivitas-aktivitas yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring, dan memberikan wawasan tentang e-learning assessment sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran daring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X