Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Sikap

(Sesuai dengan permenristek dikti no 44. 2015 tentang SNPT)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan  agama,moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki  nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap  masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menunjukan calon pendidik yang inovatif, kreatif, berpikir kritis, dan mampu berkolaborasi

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep teoretis tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris;
  2. Menguasai konsep teoretis tentang kebahasaan, kesusastraan, dan pembelajaran bahasa  dalam bidang bahasa Inggris;
  3. Menguasai konsep teoretis tentang riset terkait bahasa dan pendidikan bahasa Inggris;
  4. Menguasai strategi dan teknik tertentu untuk memahami informasi tertulis maupun lisan dalam berbagai konteks; dan
  5. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi, prinsip psikologi perkembangan, dan psikologi pendidikan

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan dengan baik dan benar sebagai calon pendidik bahasa Inggris dan memiliki nilai skor Test of English Language Proficiency (TELP) minimal 500. 
  2. Mampu mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran abad 21 dalam konteks pendidikan bahasa Inggris.
  3. Mampu mendesain, melaksanakan penelitian pada bidang pendidikan bahasa Inggris dan mempublikasikannya.
  4. Mampu mengaplikasikan intercultural communicative competence dalam berbagai konteks.
X