1. EDSA ELT Conference

Foto Keynote Speaker EDSA Conference

EDSA ELT Conference merupakan kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh organisasi kemahasiswaan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, English Department Students’ Association (EDSA). Kegiatan ini diselenggarakan di gedung Mandala Universitas Siliwangi selama satu hari dengan menghadirkan keynote speakers Toar Sumakul, M.A. dan Nanak Hikmatullah, M.Sc. Dengan tema Developing creativities of ELT in Digital Era”, konferensi ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan kreatifitas mereka pada pengajaran Bahasa Inggris diera digital.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu plenary session dan parallel session. Plenary session diisi dengan pemaparan materi oleh narasumber yang berkaitan dengan pengembangan kreatifitas dalam pengajaran Bahasa Inggris melalui teknologi artifisial dalam pengajaran. Sementara itu, parallel session diisi dengan pemaparan hasil research-based dan paper-based yang telah dilakukan oleh mahasiswa dalam forum-forum kecil kepada peserta-peserta konferensi lainnya dan dosen. Selain itu, konferensi ini juga dimaksudkan untuk mengapresiasi hasil kerja dan karya yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Oleh karena itu, diakhir kegiatan, melalui penilaian yang dilakukan oleh dosen selama sesi paralel dimana mahasiswa mempersentasikan hasil karyanya, panitia memberikan sertifikat kepada mahasiswa yang mendapatkan research dan paper terbaik.

2. EDSA Mengajar

Foto pembimbing, pengajar, dan siswa

EDSA mengajar adalah kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh pengurus EDSA sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan di dua panti asuhan, yaitu Panti Asuhan Amanah dan Al-Kahfi yang diselenggarakan setiap hari minggu selama satu bulan penuh dibulan April tahun 2019. Dalam proses pelaksanaannya, kegiatan ini juga melibatkan dosen-dosen sebagai pendamping dan pembimbing.

3. Breaking Fast and Ta’jil (BETA)

Foto panggung pelaksanaan BETA

Acara BETA 2019 merupakan program kerja tahunan yang di selenggarakan saat bulan Ramadhan setiap tahun nya, program kerja yang di laksanakan oleh Divisi Sosio Religi ini melibatkan juga masyarakat Pendidikan Bahasa Inggris sebagai pengisi acaranya. Tujuan dari program kerja ini yaitu sebagai ajang silaturahmi serta ajang berbagi di bulan yang penuh berkah. Sasaran dari program kerja ini adalah anak anak panti asuhan yang ada di Kota Tasikmalaya, yang mana panti tersebut sudah di survei sebelumnya oleh Divisi Sosio Religi EDSA. Luaran dari program ini adalah mahasiswa pendidikan bahasa Inggris dapat bersilaturahmi dengan beberapa institusi yayasan dan panti asuhan di Tasimalaya. Kegiatan dilaksanakan satu hari dari pukul 13.00 – menjelang adzan magrib.

Dalam kegiatan BETA ada 2 lomba yang diadakan untuk menghibur anak anak yaitu lomba mewarnai yang mana lomba ini diadakan untuk menghibur juga untuk mengasah kreativitas anak anak sembari menunggu waktu berbuka puasa. Lomba yang kedua yaitu lomba nasyid dari anak anak panti asuhan Amanah yang diiringi oleh panitia. Selanjutnya, acara BETA 2019 ini ditutup dengan buka puasa bersama seluruh elemen acara, mulai dari anak panti asuhan, panitia, serta masyarakat Pendidikan Bahasa Inggris yang telah ikut berdonasi dalam acara ini. Donasi ini selanjutnya diinfaqkan kepada anak anak panti asuhan.

4. Orientasi Mahasiswa Baru (OMBUS)

Foto pelaksanaan OMBUS 2019

Kegiatan OMBUS merupakan salah satu rangkaian acara yang bertujuan sebagai pengenalan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru 2019. Salah satu rangkaian kegiatan OMBUS 2019 yaitu pengenalan tata cara penggunaan SIMAK UNSIL. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalan SIMAK kepada mahasiswa baru agar mereka mengetahui bagaimana cara mengontrak mata kuliah, mencetak kartu UTS & UAS, dan mencetak tranksip nilai. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Agustus.

Rangkaian kegiatan OMBUS 2019 lainnya yaitu pengenalan dosen Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa baru mengenali siapa saja dosen Pendidikan Bahasa Inggris dan mata kuliah apa saja yang diampunya agar familiar dengan dosen-dosen yang ada di jurusan pendidikan bahasa Inggris. Selain itu, ada motivational talk oleh dosen Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Pak Ruslan. Drs., M.Pd. yang bertujuan untuk memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa baru agar mahasiswa dapat lebih termotivasi lagi untuk memaksimalkan belajar mereka ketika pembelajaran di kampus di mulai.

5. Pemantapan Kaderisasi Mahasiswa

Foto kegiatan learning zone

Learning Zone salah satu rangkaian kegiatan Program Pemantapan Kaderisasi Mahasiswa (PPKM) 2019 yang berjalan selama tiga bulan dari bulan September sampai bulan November. Durasi dari kegiatan Learning Zone ini selama kurang lebih empat jam dan bertujuan meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa baru angkatan 2019 dalam bahasa Inggris berkenaan dengan isu global yang terjadi sekarang seperti perubahan iklim, akses terhadap pendidikan, penyakit, dll. Luaran dari dari kegiatan ini adalah mahasiswa baru angkatan 2019 menjadi lebih terlatih berbicara dengan bahasa Inggris di depan umum serta membahas isu yang menjadi permasalahan di dunia.

Foto kegiatan debat

Kegiatan debat untuk melatih kemampuan berpikir mahasiswa baru angkatan 2019 tentang isu-isu yang terjadi di negara Indonesia. Acara PPKM 2019 ini juga di bawah pengawasan Badan Eksekutif (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Kegiatan ini diselenggarakan oleh panitia delegasi EDSA di bawah kegiatan dari Program Pemantapan Kaderisasi Mahasiswa (PPKM) 2019 dan berdurasi sekitar lima jam di bulan November. Luaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa baru angkatan 2019 dapat berpikir kritis terhadap isu yang terjadi secara global.

Foto kegiatan outdoor group discussion

Salah satu kegiatan PPKM 2019 yang lainnya, yaitu Outdoor Group Discussion dengan pembahasan diskusi tentang perbedaan siswa dan mahasiswa. Memperkenalkan apa saja hal yang mendasar yang perlu mahasiswa baru ketahui tentang lingkungan akademik universitas. Kegiatan ini berjalan selama dua jam dan dilaksanakan pada minggu-minggu awal. Luaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa dapat mengetahui tugas-tugas dasar mereka sebagai mahasiswa.

X