Visi

Visi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNSIL adalah “Menjadi program studi inovatif dalam pembelajaran, untuk menghasilkan calon pendidik bahasa Inggris yang kreatif, kritis, berwawasan global yang berjiwa kebangsaan dan kewirausahaan di Jawa Barat pada tahun 2022”.

Penjabaran Visi:

1. Inovatif

  • Seluruh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris senantiasa melakukan penyesuaian dan pembaharuan yang sinergis dalam melaksanakan tugas tri dharma perguruan tinggi seiring perkembangan ilmu pengetahuan teknologi.
  • Proses pembaharuan selalu dilakukan dengan mengasah skill abad 21 meliputi keahlian Navigating, Viewing, Intertextualizing, Listening, Speaking, Reading, Writing, Digitalizing, dan Grammaring.

 2. Kreatif

Lulusan sebagai calon pendidik Bahasa Inggris memiliki kemampuan berfikir dan bertindak untuk mencari pemencahan dalam sebuah kondisi tertentu dengan cerdas dengan mengerahkan keahlian Navigating, Viewing, Intertextualizing, Listening, Speaking, Reading, Writing, Digitalizing, dan Grammaring.

3. Kritis

Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki kemampuan berfikir kritis dalam menafsirkan dan mengevaluasi fakta dan informasi secara jelas, akurat, relevan, berimbang sehingga dapat melakukan Reflective Practise sebagai proses pengembangan diri.

4. Berwawasan Kebangsaan

Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki pengetahuan yang luas sehingga menyadari perannya pada konteks lokal, nasional, dan internasional dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah yang dilandasi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Dengan demikian seluruh praktek sosial mencerminkan karakter utama meliputi, jujur, cerdas, peduli, tangguh dan cinta tanah air sehingga menghasilkan semangat juang yang tinggi.

5. Berjiwa Wirausaha

Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki jiwa kewirausahaan sebagai berikut:

  • Penuh percaya diri, dengan indikator penuh keyakinan, optimis, berkomitmen, disiplin, dan bertanggung jawab;
  • Memiliki inisiatif, dengan indikator penuh energi, cekatan dalam bertindak dan aktif;
  • Memiliki motivasi berprestasi, berorientasi pada hasil dan wawasan futuristik;
  • Memiliki jiwa kepemimpinan, dengan indikator berani tampil beda, dapat dipercaya dan tangguh dalam bertindak; dan
  • Berani mengambil risiko dengan penuh perhitungan.

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan calon guru bahasa Inggris berkualitas dengan kemampuan multiliterasi sebagai pendorong daya berfikir kritis melalui kurikulum komprehensif dan inovatif yang berbasis konsturktivisme sosial
  2. Memfasilitasi lingkungan pendidikan yang tepat untuk membangun pengetahuan, kemampuan pedagogis, dan profesionalisme bidang pendidikan bahasa Inggris
  3. Mendorong dan mengembangkan penelitian bidang pendidikan bahasa Inggris yang komprehensif dengan bidang pendekatan interdisipliner dan multidisipliner untuk menghasilkan dampak yang tepat bagi masyarakat
  4. Mengaplikasikan pengetahuan, pengalaman, dan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa Inggris pada praktek sosial sebagai wujud pengabdian pada masyarakat
  5. Membangun pendidikan karakter yang memiliki wawasan kebangsaan dan memiliki jiwa wirausaha
  6. Menjalin kemitraan di dalam negeri, ASEAN, dan ASIA yang mencakup Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk optimalisasi sumber daya di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
X