Dalam rangka menyelenggarakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi yang salah satu butirnya adalah Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), sebagai insan akademik, dosen dituntut untuk memiliki kemampuan untuk membantu dan menyumbangkan ilmunya untuk turut serta menyelesaikan masalah-masalah yang ada di tengah-tengah masyarakat. Untuk mencapai hal ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi menyelenggarakan workshop pendampingan penyusunan proposal pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Establishing Creative Community Engagement through Information, Communication, and Technology-Based Language Learning” yang dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 November 2018 dan dihadiri oleh 22 dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai peserta, dan Dr. Luthfie Arguby Purnomo sebagai narasumber.

Dalam workshop ini, narasumber memaparkan materi tentang konsep-konsep pengabdian kepada masyarakat, skema dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat, dan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Menurut beliau, dosen memiliki kesempatan yang sangat terbuka untuk mengembangkan suatu cabang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah serta menyebarluaskannya kepada msayarakat untuk dimanfaatkan.

Menurut Ratu Sarah Pujasara, M.Pd selaku ketua pelaksana, kegiatan workshop ini sangat bermanfaat bagi dosen untuk memperkuat budaya akademik dan integrasi pengetahuan dan budaya, serta membangun motivasi yang tinggi bagi dosen untuk melakukan penelitian, dan membangun masyarakat dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat sebagai salah satu kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X