Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai standar serta mampu bersaing secara global menjadi tujuan bagi setiap lembaga pendidikan. Oleh karena itu setiap penyelenggara pendidikan dituntut untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Dengan mengacu pada Pasal 1 butir 6 Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa,  kurikulum, yang mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran dalam upaya menjamin terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien, digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi bersifat khas untuk suatu program studi, sebagaimana juga kekhasan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan dari suatu program studi tersebut.

Bahwa perbaikan kurikulum adalah perjalanan panjang menuju perbaikan kualitas pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, pada tanggal 09 – 10 Juli 2019, mengadakan workshop evaluasi dan penyempurnaan kurikulum dengan tema “Evaluasi dan Penyempurnaan Kurikulum Berbasis Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI)” yang dihadiri oleh 23 dosen internal Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Dalam workshop ini, tim kurikulum mengundang Dr. Nunung Suryati, M.Ed., Ph.D. sebagai narasumber. Beliau adalah seorang dosen di Universitas Negeri Malang yang juga tergabung dalam tim pengembangan kurikulum berbasis KKNI.

Workshop yang diadakan selama 2 hari ini bertujuan untuk mengevaluasi kurikulum prodi yang telah dikembangkan dan diterapkan sebelumnya dalam proses belajar mengajar, serta menelaah mata kuliah dalam kurikulum baru untuk menghasilkan rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Dr. Dian Kardijan, M.Pd selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengatakan bahwa  “Evaluasi dan penyempurnaan kurikulum ini berjalan lancar dan efektif dimana diakhir workshop, tim kurikulum telah menyempurnakan rumusan CPL dan pemetaan kurikulum juga telah disesuaikan dengan kekhasan prodi.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X