Tasikmalaya (2022). Kepala Balai Bahasa UPI, Dr. Rd. Safrina, MA, dan tiga orang mahasiswa asing dari Jepang, Mesir, dan Tiongkok melakukan kunjungan ke Universitas Siliwangi pada tanggal 18-19 Desember 2022 dalam rangka kerja sama pembukaan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan kelas internasional.

Pada hari pertama, Minggu, 18 Desember 2022,  Dr. Yusup Supriyono, M.Pd., selaku Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menyambut hangat kedatangan para tamu dengan mengajak berkeliling ke Kampung Naga dan berekreasi di Jl. KHZ Mustofa. Hal ini dilaksanakan untuk memperkenalkan adat istiadat dan budaya yang ada serta wajah baru Kota Tasikmalaya.

Pada hari kedua, Senin, 19 Desember 2022 dilaksanakan diskusi dengan tema “Mencipta Generating Income Unit Fakultas berbasis kelas Internasional BIPA” pada pukul 08:00 s/d 10:00 WIB di ruang Rektor Unsil. Diskusi tersebut dihadiri oleh Kepala BAKPK Unsil, Dr. Ade Rustiana, Drs., M.Si., Dekan FKIP, Dr. Hj. Nani Ratnaningsih, M.Pd, tim dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Kepala Balai Bahasa UPI, Dr. Rd. Safrina, MA, Koordinator BIPA UPI, Ridzky Firmansyah Fahmi, M.Pd., dan tiga orang mahasiswa asing. Diskusi ini dilakukan dalam rangka memberikan respon terhadap inisiasi Unsil menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dan mendukung Fakultas Keguruan, khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk memfasilitasi terwujudnya kelas internasional pendidikan Bahasa Inggris yang berarsiran dengan kelas internasional BIPA.

Dr. Ade Rustiana, Drs., M.Si., selaku Kepala BAKPK Unsil menyampaikan bahwa ada peluang bagi Unsil untuk membuka BIPA dan program kelas internasional.

“Unsil memiliki peluang untuk membuka program kelas internasional dan BIPA dikarenakan banyak hal yang bisa dieksplor di Kota Tasikmalaya, seperti budaya, adat istiadat, wirausaha lokal, dan lain sebagainya.” Ucap Ade.

Selain itu, Dr. Rd. Safrina, MA, Kepala Balai Bahasa UPI menambahkan bahwa komitmen dari perancang program dan petinggi universitas sangat penting.

“Hal yang terpenting untuk bisa menjalankan program tersebut adalah adanya komitmen baik dari tim perancang program maupun dari pihak pimpinan atau petinggi universitas.” Ucap Safrina.

Dalam pertemuan kerja sama ini, tim dari UPI berbagi cerita dan pengalaman terkait dengan penyelenggaraan program BIPA dan kelas internasional yang menjadi salah satu program unggulan yang ada di UPI. Hal ini merupakan langkah awal bagi Unsil, khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk merumuskan dan merencanakan penyelenggaraan kelas internasional yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X