Universitas Siliwangi (15/05/2017), Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Siliwangi mengadakan Lomba Presentasi Belajar dan Pembelajaran Bahasa dengan tema “Fun & Innovative Ways in learning Language” antar mahasiswa di lingkungan Universitas Siliwangi¬† selama 3 hari yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 mei 2017 bertempat di Ruang Rapat 1 pada Gedung Rektorat Lt. 2 Universitas Siliwangi. Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor III Unsil Dr. Ade Komaludin, S.E., M.Sc membuka secara resmi perlombaan tersebut.

Terdapat 144 peserta lomba yang hadir terdiri dari beberapa jurusan diantaranya akuntansi, pendidikan biologi, teknik informatika, pendidikan bahasa inggris, pendidikan bahasa & sastra indonesia, agroteknologi dan pendidikan matematika. Pada hari pertama perlombaan peserta mulai menulis esai yang nantinya akan dipresentasikan di hadapan dewan juri dan peserta.

Setelah melalui tahap seleksi oleh juri, peserta yang lolos ke babak selanjutnya harus mempresentasikan esai yang sudah ditulis di hadapan para dewan juri dan peserta. Di penghujung perlombaan akhirnya terpilihlah Ilham Nurdiansyah sebagai juara 1. Mahasiswa Teknik Informatika tersebut manjadi juara 1 dengan esai yang berjudul “Fun Learning Language with Augmented Reality”.

Dalam esainya Ilham memaparkan media pembelajaran bahasa melalui aplikasi pada smartphone yang digunakan oleh anak-anak. “Sebenarnya kita mulainya itu dari aplikasi yang ranahnya di bahasa translate untuk anak-anak yang dibuat oleh teman-teman sigade (siliwangi game developer) saya mengambil studi kasus dari sana”, ungkapnya. Ilham berharap kedepannya mahasiswa Unsil bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan kampus seperti perlombaan dan kegiatan lainnya.

Perlombaan pun diakhiri dengan pembagian hadiah kepada pemenang dan foto bersama dewan juri.

(Humas Unsil)

X